Alasan kita harus berorganisasi

Ada beberapa alasan kita sebagai manusia pada umumnya atau sebagai mahasiswa secara khusus untuk berorganisasi. Beberapa alasan yang cukup rasional bagi kita itu sudah selayaknya harus diterima oleh kita manusia sebagai makhluk sosial.

Inilah pendapat saya.

Alasan sosial

Kita berorganisasi dan aktif didalamnya karena kita merasa membutuhkannya dan secara sosial kita puas dengan apa yang kita dapatkan dari sebuah organisasi dan untuk mendapatkan itu kita harus aktif dan mengikuti aturan yang menjadi acuan dasar organisasi (konstitusi organisasi).

Alasan material

Dengan berorganisasi kita dapat melakukan beberapa hal:

  • Memperbesar kemampuan

Memperbesar kemampuan maksudnya kita dapat melaksanakan berbagai tugas/pekerjaan secara efisien disbanding dengan bekerja sendiri tanpa kerjasama atau bantuan dari orang lain.

  • Menghemat waktu

Dengan berorganisasi kita dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan. Karena kita dapat berbagi tugas (job description) dengan teman-teman para anggota organisasi

  • Mengakumulasi pengetahuan

Menambah pengetahuan kita bisa belajar dari manapun, dari senior-senior dari para alumni sehingga mengakumulasikannya dari mereka-mereka yang berpengalaman untuk menjadi pengetahuan yang berharga.

  • Tidak dapat dipungkiri bahwa organisasi yang telah banyak mengalami proses regenerasi anggota tentu memiliki nilai-nilai atau budaya yang terjaga. Dan dengan menjadi anggota organisasi kita dapat belajar dari mereka (senior-senior) sebagai tempat untuk menarik manfaat dari pengetahuan generasi sebelumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s