Saling Komentar, Saling Menghina

Masih ingat tidak, betapa mudahnya bangsa Indonesia dihancurkan sama bangsa-bangsa Eropa dahulu. Karena sistem devide et impera-nya orang-orang Belanda dalam menguasai tanah Indonesia. Karena sistem politik pecah belah itulah yang membawa kita kepada kehancuran. Hingga merasakan 3,5 abad di jajah oleh bangsa asing. Seolah-olah Indonesia kehilangan jati dirinya sebagai bangsa terhebat di Asia.

Dan sekarang saya masih kurang yakin, kalau sistem itu sudah benar-benar hilang dari muka bumi tanah pertiwi. Bagaimana tidak, kalau kita membuka berita di situs-situs bola semacam vivanews[dot]com. Kemudian Anda sorot kebawah membaca komentar-komentar dari para pecinta bola dunia. Tempat berkumpulnya para fans-fans, para penggila bola untuk memberi komentar mengenai berita yang sedang mereka baca. Kita akan tercengang mungkin bisa juga saja tertawa membaca komentar-komentar saudara kita. Ada yang saling mencaci maki, mencaci pemain lain, menghina pelatih hingga menghina langsung antar pribadi sesama user vivanews.

Apalagi berita bola yang berhubungan dengan Real Madrid vs Barcelona. Semua mata tertuju pada keduanya yang tentunya akan memperagakan sepak bola indah. Tapi tidak kalah serunya lagi kalo orang Indonesia berkomentar. Segala jurus kata dikeluarkan. Itulah hebatnya, hebat berkomentar. Saling komentar saling menghina.

Cukup aneh. Bukan kita yang main bola, justru kita malah lebih sewot mengomentari pemain atau pelatih klub bola. Atau memang begitulah keadaannya. Bukankah ini bisa merusak silaturahmi orang-orang Indonesia yang terkenal akan sifat “legowo-nya” menerima sebuah hasil pertandingan. Bukannya malah mencibir sesama user. Apa kata dunia.??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s