Dimanakah titik tertinggi di bumi???

Kebanyakan orang, ketika ditanyakan pertanyaan ini, akan menjawab: Gunung Everst. Dan, jika dengan “tertinggi” Anda maksudkan sebagai “titik tertinggi di atas permukaan laut”, Anda sangat benar. Dengan ketinggian 29.035 kaki(8.850 meter) Everest adalah gunung tertinggi di bumi.
Namun, cara lain untuk mendefinisikan “tertinggi” adalah titik terjauh dari pusat bumi. Bumi berbentuk bulat, tetapi sebenarnya agak gepeng dengan bagian khatulistiwa lebih besar daripada bagian kutub-kutubnya. Mengukur dari pusat bumi, lalu manakah titik tertinggi?
Gunung Chimborazo di Ekuador adalah pemenangnya. Gunung berapi jenis stratovulkano ini tinginya 20.565 kaki (6.268 meter). Gunung yang berlokasi di Cordillera Occidental, Andes, ini dianggap sebagai puncak tertinggi sebelum everest menjadi perhatian utama.
Akan tetapi, pengunjung yang berdiri di puncak Chimborazo tetap dapat mengatakan tempat itu adalah titik dengan ketinggian ekstrem di bumi. Dengan menggendutnya bagian khatulistiwa, mereka berada 1,5 mil (2,4 kilometer) lebih dekat ke bulan dan lebih jauh dari pusat bumi dibandingkan dengan orang-orang yang berdiri di puncak Everest.
(The New York Times)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s