Cara Mendengarkan Radio Online Gratis dengan AIMP2

Satu lagi aplikasi yang dapat memutar file audio. Aimp2 hadir dengan ukuran sekitar 7 megaan. Kali ini saya akan berbagi informasi bagaimana mendengarkan radio online dari koneksi internet menggunakan Aimp2 tanpa harus registrasi apapun dan tentunya tidak memakan biaya. Software yang satu ini lebih efisien dan ringan untuk memainkan sebuah file audio player. Saya merekomendasikan bagi Anda penggemar musik untuk mendengarkan siaran-siaran radio online dari berbagai negara. Hal ini pastinya sudah saya lakukan begitu nikmatnya memasang headset ditelinga mendengar lagu-lagu pilihan para operator radio FM tentunya.
Ada berbagai alasan yang menjadikan pilihan saya jatuh ke Aimp2 ketimbang memutar lagu im3 menggunakan winAmp yang sudah dulu populer: “Loading yang ringan dan cepat, fitur pencarian cepat, dan lebih efisien menjadi alasan saya untuk menggunakan AIMP, selain itu AIMP juga bisa digunakan untuk memutar audio streaming atau istilah mudahnya “mendengarkan radio online”.
Okee.. Langsung ikuti saja beberapa langkah mudahnya dibawah ini:

yang dibutuhkan yakni:

Pertama, koneksi Internet dengan kecepatan kira-kira 230 kbps keatas. Alhamdulillah ditempat saya hotspot henry fayol namanya sudah ada koneksi internet yang cukup kencang, kesini saja broo.. heheh.. Jika anda berada diwarnet tentu kecepatan yang ada cukup untuk memutar buffer siaran radionya.

Kedua, Sofware AIMP, silahkan download di situsnya http://www.aimp2.us

  • Pada menu navigasi (lihat pada gambar), pilih “Online Radio Browser”

  • Pada menu online radio pilih tipe koneksi “Icecast’ lalu “refresh’.

  • Tunggu prosessing untuk mengunduh database server radio online, setelah selesai akan bermunculan list yang dipilih sesuai genre yang anda tentukan.

  • Disudut kiri, ada opsi untuk memilih genre radio yang akan kita dengarkan. Mulai dari aliran musik, talkshow, sampai radio antar Negara. silahkan klik saja klik salah satunya, setelah itu AIMP2 akan memproses database server lagi.
  • Untuk menambah daftar playlist lagu Anda, klik Add to playlist dan tekan Play selected untuk mendengarkan radio onlinenya.

  • Perlu diperhatikan, dalam opsi pemilihan stasion radio, sortir stasiun yang bitrate 24-52 kbps untuk koneksi Internet standar. Jika kecepatan koneksi Anda cepat, pilih saja bitrate yang tinggi dari itu. Bitrate sendiri adalah kualitas suara yang di-buffer oleh AIMP, semakin tinggi berarti semakin bagus kualitas audionya.

Terakhir, jika suara radio-nya muncul, selamat. Anda berhasil mendengarkan radio online.

Tambahan: Silahkan anda mengeksplorasi sendiri kemampuan pemutar radio AIMP ini, karena mungkin ada beberapa masalah yang bisa muncul yang mungkin anda bisa perbaiki sendiri, selamat mencoba.Oh, iya. Perbedaan mendengar radio online ketimbang dengan radio biasa tentu ada kelebihannya. Radio online punya kelebihan yaitu kemampuan mengenali track lagu dan acara yang sedang berlangsung serta mengetahui jumlah pendengar radio tersebut.

6 thoughts on “Cara Mendengarkan Radio Online Gratis dengan AIMP2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s